MENU Rabu, 29 Mei 2024

CARA GORENG IKAN GURAME GURIH DAN RENYAH

waktu baca 3 menit
Senin, 22 Mei 2023 03:09 0 8276 Admin

CARA GORENG IKAN GURAMI GURIH RENYAH ANTI MELETUS & LENGKET

αѕѕαℓαмυ’αℓαιкυм…
Kali ini saya akan membahas cara membuat ikan goreng yang gurih dan lezat, menjadi salah satu resep yang paling banyak dicari oleh para pecinta kuliner. Salah satu jenis ikan yang sering digunakan untuk membuat ikan goreng adalah ikan gurami. Ikan gurami memiliki daging yang tebal dan lembut serta rasa yang enak, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Goreng ikan yang enak dan lezat itu ada tekniknya loh, yuk ikuti cara-caranya. sediakan bahan-bahannya sebagai berikut:

  1. Ikan Gurami (besar)
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sdm garam
  4. 1 sdt ketumbar bubuk
  5. 1 sdt kunyit bubuk
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. Air secukupnya
  8. 1 sdt tepung terigu
  9. Tentunya minyak goreng jangan lupa

Yuk mulai memasak ikan gurami goreng…
Pertama-tama, sebelum memulai proses penggorengan, pastikan ikan gurami yang akan digunakan sudah dicuci bersih dan diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya.
Setelah itu, bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunyit bubuk, kaldu, dan garam dihaluskan dengan cara di ulek atau dengan alat dapur yang sesuai Kemudian, tambahkan air putih secukupnya agar bumbu tercampur dengan baik.

Setelah bumbu halus sudah siap digunakan, rendam ikan yang sudah disiapkan tadi sambil lumuri dan pastikan bumbu merata di seluruh bagian ikan. Setelah itu, sembari menunggu bumbum meresap siapkan minyak goreng untuk dipanaskan dengan baik. Penting untuk memastikan minyak benar-benar panas agar ikan tidak meledak dan tidak lengket. Sebelum digoreng, lumuri minyak yang sudah panas dengan 1 sendok teh tepung terigu agar ikan tidak lengket saat digoreng.
Ikan gurami siap untuk digoreng, Selama menggoreng jangan lupa untuk membolak-balik ikan agar matang merata dan sisa bumbu yang tadi digunakan bisa disiramkan kembali ke ikan untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Oleskan bumbu tersebut pada seluruh bagian ikan, termasuk pada sela-sela bagian ikan.

Setelah ikan sudah matang dan berwarna kecoklatan, angkat ikan dari penggorengan dan tiriskan. Ikan Gurami goreng siap disakikan selamat menikmati.

Selain memasak dengan cara digoreng, ikan gurami juga dapat dimasak dengan cara lain seperti dibakar atau dipepes. Namun, cara membuat ikan gurami goreng ini sangat mudah dilakukan dan dapat menjadi alternatif untuk menyajikan hidangan ikan yang lezat dan gurih.

Untuk menyajikan ikan gurami goreng, bisa disajikan dengan nasi putih dan sayuran sebagai pelengkap. Selain itu, dapat ditambahkan sambal atau acar sebagai tambahan rasa yang lebih segar. Resep ikan gurami goreng ini sangat cocok untuk dihidangkan di acara keluarga atau saat berkumpul dengan teman-teman.

Demikianlah cara membuat ikan gurami goreng yang lezat dan gurih. Semoga resep ini dapat bermanfaat bagi Anda yang suka memasak dan mencoba variasi hidangan ikan. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan jadilah koki yang handal di dapur! Terima kasih telah membaca. See you….

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.

Arsip

LAINNYA